Bagaimana Cara Nike menanggapi Banyak Produknya Yang Palsu?

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Nike merupakan salah satu produsen apparel terbesar dan paling populer di dunia. Ya, perusahaan apparel asal Amerika Serikat ini didirikan oleh Philip H. Knight pada tahun 1972 silam lalu, yang menjual beragam perlengkapan olahraga mulai dari sepatu, jersey, jaket, tas, topi, dan lain sebagainya. Nike telah berhasil menjual produknya ke lebih dari 200 negara, yang hingga sampai saat ini memiliki 20 ribu akun rital di Amerika Serikat. Memasuki tauhn 1988, perusahaan Nike pun mencoba untuk berekspansi ke pasar Indonesia dengan menerapkan strategi penetapan harga integrasi vertical. Pasalnya, hal tersebut bertujuan untuk mengontrol serta mempengaruhi biaya produksi. Lantas, bagaimana cara Nike menanggapi banyak produknya yang palsu di Indonesia? Untuk mengatasi masalah tersebut, Nike membeberkan tentang bagaimana cara membedakan mana produk Nike yang asli dengan yang palsu. Adapun mengenai caranya seperti dibawah ini:

Nike Indonesia, Merek Sepatu Ternama dan Terpopuler di Dunia ...

Tips Membedakan Sepatu Nike Ori Dengan yang KW

  1. Memiliki Box (Dus)

Perlu kalian ketahui, bahwa semua produk sepatu Nike yang ori itu pasti sudah memiliki box alias dus. Ya, berbeda dengan sepatu Nike KW, yang pada umumnya tidak disertakan box. Pada dasarnya, setiap box Nike tidak mempunyai bentuk dan warna yang sama. Tapi, box dari sepatu Nike ori tersebut pasti memiliki detail stiker yang berupa kode SKU, stiker importer, petunjuk penggunaan & perawatan, serta terdapat cap quality control. Jika box sepatu Nike yang kamu beli itu tidak memiliki ciri-ciri yang seperti tadi, maka bisa dipastikan bahwa produknya adalah palsu.

  1. Ukuran Stiker SKU

Sepatu Nike Ori memiliki stiker SKU pada dus yang sesuai dengan tag ukuran pada sepatunya. Biasanya, hal tersebut terdapat pada bagian lidah sepatu atau di dalam sepatu bagian samping. Jika kamu menemukan kode SKU pada sepatu berbeda dengan yang ada di box, maka kamu patut mencurigainya!

  1. Aroma Karet

Sepatu Nike ori memiliki sole yang materialnya terbuat dari bahan karet asli (BRS 1000 rubber). Dalam hal ini, kamu bisa mengetahui keaslian sepatu Nike dari aromanya. Ya, jika aromanya tercium bau karet, maka sepatu Nike tersebut adalah asli. Lain halnya dengan sepatu Nike palsu, dimana aromanya tercium bau lem dan teksturnya yang keras seperti plastik.

  1. Insole Yang Berbahan Karet

Tak hanya bagian outsole, bagian insole pada sepatu Nike ori juga terbuat dari bahan karet asli yang dapat dilepas. Dibagian atasnya terbuat dari bahan kain halus, yang dapat memberikan kenyamanan pada kaki si pengguna. Berbeda dengan sepatu Nike palsu, yang pada umumnya terdapat stiker pada insole bagian kirinya.

  1. Memiliki Jahitan yang Sangat Rapih

Jahitan pada sepatu Nike ori ini jauh lebih rapih dan lebih rapat ketimbang yang palsu. Akan tetapi, bagi orang-orang yang masih awam kerap kesulitan untuk membedakan mana jahitan yang ori dengan yang palsu, sehingga mereka akan langsung membelinya tanpa membandingkan secara langsung.

  1. Dijual Dengan Harga Yang Mahal

Ini dia cara yang paling mudah untuk mengetahui mana sepatu Nike ori dengan yang palsu. Ya, sepatu Nike ori pastinya akan dijual dengan harga yang relative mahal. Jika kamu menemui harga sepatu Nike yang dibanderol dengan harga rata-ratanya Rp 200 ribuan, sudah dipastikan produk tersebut adalah palsu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *