Ini Cara Membersihkan Sol Sepatu Converse yang Menguning

Cara membersihkan sol sepatu Converse yang menguning ternyata cukup sederhana lho.  Kamu tentu tahu sepatu terkenal dari Amerika yang khusus memproduksi sepatu olahraga dan sehari-hari yang satu ini bukan. Converse All Star menjadi favorit hampir semua orang di seluruh penjuru dunia. Sepatu dengan sol sepatu yang cukup khas ini banyak digemari tidak hanya anak muda saja lho. Tetapi juga oleh dewasa sekalipun. Sol sepatu Converse yang identik dengan warna putih ini rentan kotor dan menguning setelah dipakai.

Tentunya perubahan warna ini dapat mengganggu penampilan kamu sehari-hari. Untuk itu kamu perlu cara mudah guna menghilangkan noda menguning pada sol sepatu kesayanganmu. Rupanya kamu bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah untuk mengatasi masalah ini. Bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membersihkan sol sepatu menguning? Ini dia ulasannya.

1. Air Jeruk Nipis dengan Garam

Bahan makanan dan dapur ini jika dicampurkan dapat mengatasi sol sepatu yang menguning. Karena garam dan juga jeruk nipis memiliki efek yang akan membersihkan noda kekuningan pada sepatu. Adanya senyawa asam di jeruk nipis dan mineral korosif pada garam akan mengembalikan sol sepatu yang putih seperti aslinya.

Caranya adalah dengan mencampurkan 3 sendok air jeruk nipis dan setengah sendok teh garam dengan rata. Kemudian oleskan pada sol sepatu yang menguning dan diamkan hingga kering. Setelahnya kamu bisa membilas hingga bersih sambil menggosokkan jeruk nipis tadi.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi yang baik untuk membersihkan gigi 2 kali sehari ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah sol menguning. Namun jika dilakukan berlebihan akan mengikis midsole, jadi gunakan dengan hati-hati ya. Caranya adalah dengan membersihkan terlebih dahulu sol sepatu lalu oleskan pasta gigi ke seluruh permukaan sol yang menguning. Jangan dicampurkan dengan air ya, hanya pasta giginya saja yang dioleskan.

Kemudian bilas dengan air hingga bersih. Kandungan pemutih pada pasta gigi akan membantu mengembalikan warna putih pada sol sepatu tercinta.

3. Baking Soda

Bahan dapur lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi sol menguning adalah baking soda. Tidak hanya sebagai bahan pembuat kue, tetapi bahan ini bisa digunakan sebagai pemutih. Tambahkan sedikit air pada wadah yang sudah diisi dengan baking soda lalu aduk hingga mengental seperti pasta. Oleskan bahan tersebut ke bagian sol yang menguning.

Tunggu hingga benar-benar kering, biasanya akan memakan waktu selama 1 hari. Kemudian bilaslah dengan air sampai benar-benar bersih.

4. Sabun Colek

Masih ada lagi bahan yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda kuning di sol sepatu. Yakni menggunakan sabun colek. Sabun colek dapat dioleskan pada bagian yang menguning lalu sikat perlahan. Noda kekuningan tadi perlahan akan perlahan menghilang. Teruskan menggosok sampai noda kuning tersebut benar-benar hilang.

Bagaimana dengan deterjen? Hindari memakai deterjen untuk membersihkan sol sepatu. Karena bahan dari deterjen ini akan membuat sol mudah rusak. Setelah dicuci bersih dengan sabun colek, keringkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena akan membuat warna memudar dan cepat rusak.

Memiliki sepatu memang harus dijaga agar tetap awet dan tahan lama. Apalagi jika sepatu ini kamu pakai setiap hari. Tentunya kamu tidak mau bukan jika sepatu Converse kesayanganmu mudah rusak padahal baru dibeli. Mulai dari sekarang, gunakan pembersih sepatu yang aman dan simpan ditempat yang kering dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *