Kenali Tipe dari Sepeda Brompton Sebelum Membeli

Sepeda lipat Brompton memiliki berbagai macam tipe yang berbeda-beda. Kalau kamu sedang mencari sepeda lipat untuk dikenakan untuk beraktivitas sehari-hari, sebaiknya mencari yang kualitasnya baik dan tahan lama. Apalagi jika akan digunakan setiap hari. Sepeda Brompton yang dikenal sebagai sepeda lipat premium berharga tinggi, kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kamu akan mendapatkan sepeda tahan banting, mudah dirawat, dan bisa dipakai hingga tahunan. Tidak perlu sering ganti sepeda baru dan tanpa sadar malah mengeluarkan biaya yang lebih banyak. Sepeda Brompton terdiri dari beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masing-masing pengendaranya. Yuk, cari tahu setiap tipe sepedanya.

1. Tipe S

Sepeda Brompton tipe S memiliki setang yang paling rendah. S merupakan singkatan dari Sport atau Short. Ini membuat sepeda tipe S cocok digunakan untuk pengendara yang memiliki bentuk tubuh tidak terlalu tinggi, terutama di bawah 165 cm. Bagi yang ingin bersepeda dengan cepat juga tepat memilih tipe ini.

Setang S yang bentuknya datar sangat nyaman untuk postur tubuh pendek. Postur tubuh akan lebih membungkuk dan bobot badan banyak bertumpu di bagian depan. Ini membuat pengendara lebih mudah memacu kecepatan saat sedang melaju di jalanan. Bobot sepeda tipe S adalah yang paling ringan dibandingkan tipe lainnya.

Dengan tinggi setang 93.5 cm, pengendaranya bisa melaju lebih cepat sehingga cocok juga bagi yang suka mengikuti balap sepeda.

2. Tipe M

Sepeda Brompton tipe M dilengkapi dengan setang dengan model klasik khas Brompton. M merupakan singkatan dari Medium, yang merupakan ukuran dari setangnya. Sepeda tipe M memiliki setang setinggi 101.5 cm. Terdapat lengkungan di bagian tengahnya. Jenis setang klasik Brompton ini adalah yang paling populer dan paling banyak dipakai.

Ukurannya yang tidak terlalu tinggi membuat pengendara merasa nyaman saat berkendara. Posisi tubuh bisa tetap tegak saat berkendara dengan santai. Sementara jika ingin melaju cepat, pengendara bisa agak membungkukkan badan dengan posisi yang masih nyaman. Sepeda Brompton tipe M cocok digunakan oleh mereka yang memiliki tinggi antara 160 hingga di bawah 180 cm.

3. Tipe H

H adalah singkatan dari High. Sepeda ini cocok dipilih untuk pengendara yang memiliki tinggi badan di atas 180 cm. Dengan begitu, mereka bisa tetap nyaman saat berkendara karena setangnya tidak terlalu rendah.

Setang sepeda tipe H adalah yang paling tinggi dibandingkan tipe sepeda Brompton lainnya, yaitu 107.2 cm. Jenis setang yang tinggi dapat membuat pengendaranya tetap tegak saat berkendara, sehingga baik bagi postur tubuh. Bagi pengendara yang punya masalah dengan punggung atau pinggang saat membungkuk juga sebaiknya memilih tipe H.

Karena posisi badan selalu tegak, maka bobot badan berada di sadel. Karena itu, sepeda tipe H dilengkapi sadel yang lebih lebar agar nyaman.

4. Tipe P

Ingin sepeda Brompton yang setangnya bisa diposisikan sesuai kebutuhan? Pilih saja tipe P. Dengan memilih sepeda Brompton tipe P, kamu akan merasa punya sepeda tipe S dan M dalam 1 sepeda. Posisi setang terendah adalah 88 cm dan posisi tertingginya adalah 103.3 cm.

Dengan 2 macam posisi setang, pengendara bisa dengan mudah memposisikan tubuh sesuai kebutuhan. Sangat cocok untuk perjalanan jauh atau touring agar tubuh tidak lelah dan bisa berganti posisi lebih gampang.

Jadi tipe sepeda lipat Brompton mana yang paling sesuai untukmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *