Ketahui Cara Memasang Alat Pancing Yang Benar Di sini!

Bosan di rumah? Tidak punya hobi yang menarik? Kalau benar, pernahkah kamu terpikirkan untuk memancing? Ya, benar sekali. Memancing bisa kamu jadikan hobi atau kegiatan di waktu luang kamu. Daripada hanya bengong di rumah sambil nunggu doi balas pesan bukan? Lebih baik kamu keluar rumah, melihat-lihat pemandangan, menikmati udara segar sambil memancing! Mungkin kamu berpikir, memangnya bisa? Tentu saja bisa! Kamu bisa pergi memancing ke kolam pemancingan, ke danau, ke sungai, atau ke manapun. Dengan pergi ke tempat-tempat seperti ini kamu bisa memancing dan menikmati alam sambil menunggu pancingan kamu strike! Kalau kamu belum pernah memancing, kamu tidak perlu khawatir. Memancing merupakan kegiatan yang mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan alat pancing, umpan, dan melemparkan kail. Sembari menunggu pancingan strike kamu bisa makan cemilan atau ngobrol bareng pemancing lain. Saat pancingan strike, kamu bisa menarik senar pancingan dan dapat tangkapan. Mudah bukan? Kalau kamu masih ragu, kamu bisa cek penjelasan di bawah ini untuk tahu cara memasang alat pancing dengan benar.

Ketahui Cara Memasang Alat Pancing Yang Benar Di Bawah Ini

Alat pancing atau reel pancing merupakan alat yang digunakan pada joran pancing untuk memancing tangkapan. Alat pancing memang tidak bisa digunakan sembarangan. Hal ini dikarenakan akan ada resiko rusak atau bahkan kamu tidak bisa mendapatkan tangkapan apa-apa loh. Maka dari itu, penting untuk kamu mengetahui cara menggunakan alat pancing dengan benar. Ikuti tata cara di bawah ini untuk bisa memasang alat pancing.

1. Sambungkan Alat Pancing Ke Holder Joran

Sebelum menggunakan alat pancing, kamu harus menyiapkan alat pancing berupa reel dan joran. Joran merupakan batang pancing dan reel merupakan alat untuk menyimpan senar pancing. Maka dari itu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasang reel pancing ke holder yang terdapat pada joran kamu. Kamu bisa langsung mengaitkan reel pancing tersebut ke ring holder. Pastikan posisinya sudah benar agar pancingan tidak bergeser dan menghalangi aktivitas memancingmu nantinya. Kalau pancingan sudah terpasang dengan benar, kamu bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

2. Pasang Senar Ke Alat Pancing

Sebelum menggunakan alat pancing, kamu harus memasang senar pancing ke reel pancing terlebih dahulu. Namun, terdapat beberapa rel pancing yang sudah termasuk senarnya sehingga kamu tidak perlu memasang senar untuk bisa menggunakanya. Akan tetapi, terkadang kamu perlu mengetahui cara memasang senar ke pancing karena ada kalanya senar pancing harus diganti.

Untuk memasang senar ke alat, pertama kamu harus memastikan kalau bail arm pada reel sudah terbuka. Selanjutnya kamu bisa memasukkan ujung senar baru melalui ring guide joran menuju reel yang sudah terpasang dengan sempurna di holder joran. Selanjutnya kamu bisa, memasangkan simpul senar pada spool reel. Pemasangan simpul ini dilakukan agar senar tidak habis terurai nantinya. Setelah itu kamu bisa menggulung senar hingga seperempat bagian alat. Jangan terlalu penuh karena akan beresiko kusut nantinya. Kalau senar sudah terpasang, jangan lupa untuk memasang kail pada ujung senar.

3. Mulai Memancing

Setelah alat pancing terpasang bersama senarnya, kamu sudah bisa mulai memancing. Pertama, kamu bisa mengulurkan senar hingga 15 sampai 30 centimeter. Pegang joran dengan kuat. Aarahkan joran ke sisi kanan tubuh kamu atau di atas bahu kamu, lalu lempar tali ke arah depan. Dengan begitu pancingan kamu sudah dilemparkan dan kamu tinggal menunggu tangkapan termakan umpan. Kalau sudah ada tanda-tanda umpan dimakan, kamu bisa memutar handle pancingan ke arah belakang hingga tangkapan berhasil ditangkap.

Itulah cara memasang alat pancing yang benar. Mudah sekali bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *