Mengenal Beberapa Fakta Menarik Dari Anak Perusahaan Nike

Orang mana sih di dunia ini yang tidak kenal pada brand Nike? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan brand yang memiliki logo centang tersebut. Ya, terang saja demikian, sebab brand Nike itu sendiri merupakan salah satu brand apparel asal Amerika Serikat yang paling populer di dunia. Tentu saja hal tersebut juga tidak terlepas dari produk-produknya yang memang memiliki kualitas nomor satu. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai beberapa fakta tentang anak perusahaan Nike, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

NIKE #MensFashionNike | Mens athletic fashion, Mens fashion nike, Nike  clothes mens

Source by pinterest.com

  1. Awalnya Dikenal Dengan Nama Blue Ribbon Sports

Sebelum terkenal dengan nama “Nike”, brand ini mengawali bisnisnya dengan nama “Blue Ribbon Sports” yang bermarkas di Oregon. Nike ini didirikan pertamakali pada 25 Januari 1984 oleh Philip Knight dan Billy Bowerman. Yang menariknya, Philip Knight ini merupakan seorang atlit lari dan Billy Bowerman merupakan pelatihnya. Awalnya, Nike.Inc ini merupakan perusahaan distributor dari Jepang, yakni Onitsuka Tiger. Kemudian, pada tahun 1971 Nike mulai membuat produk sendiri dengan nama brand Nike yang didirikan oleh Jeff Johnson. Philip Knight dan Bill Bowerman membutuhkan dana sekitar Rp 16,7 juta.

  1. Dikeksekusi mati oleh pengadilan.

Philip Knight menjual sepatu dengan cara berkeliling di stadion atletik. Dimana, ia menjual sepatu secara pelan, sederhana namun pasti. Namun, lama kelamaan penjualannya semakin meningkat berkat kualitas sepatunya yang bagus dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan merek sepatu dari Jeman.

  1. Menggunakan Lagu The Beatles Untuk Iklan Yang Pertamakalinya

Dalam hal ini, pada tahun 1987, ada sebuah iklan televisi pertamakali hadir dengan lagu The Beatles dengan judul lagu “Revolution#9”. Pada waktu itu, Nike telah mendapatkan kritikan karena telah menggunakan lagu The Beatles tanpa izin. Lalu iklan dengan lagu The Beatles ini berakhir pada tahun 1988. Kemudan Nike beralih bekerja sama dengan Jogn Lennon.

  1. Merupakan Sponsor Banyak Tim Sepak Bola Dunia

Nike,Inc ini merupakan perusahaan sepatu, pakaian dan alat-alat olahraga yang tidak pernah setengah-setengah dalam mengikat kerjasama dengan para atlit-atlit ternama. Hal ini bisa dilihat, dengan Nike banyak mensponsori tim sepak bola dunia seperti Barcelona, Manchester United, Arsenal, F.C Basel, Inter Milan, Juventus, Hertha BSC Verlin, Valencia C,F, Atletico de Madrid, Paris Saint-Germain, FC Porto, Boca Juniors, Urawa Red Diamonds, dan masih masih banyak tim sepak bola lainnya.

  1. Bukan Hanya Fokus Pada Kualitas Tapi Juga Model dan Fashion

Dari sejak dahulu, Nike ini menyasar pasar yang terdiri dari seluruh kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan terfokus pada sepatu lari baik yang profesional maupun non profesional. Nike ini bukan hanya mengedepankan kualitas saja, namun juga memperhatikan dari segi model dan fashion juga.

  1. Produksi Lebih Banyak Di Asia

Perlu diketahui bahwa Nike selalu dibuat di Asia. Pada awalnya hanya diproduksi di Jepang saja, namun kini pabrik Nike meluas ke Korea Selatan dan Taiwan. Selain itu, China juga menjadi salah satu negara yang memiliki pabrik Nike. Pada tahun 1980-an, Nike memindahkan produksinya ke Thailand dan Inadonesia. Dan Nike mulai beroperasi di Indonesia sejak tahun 1988.

Demikianlah ulasan singkat seputar beberapa fakta menarik dari anak perusahaan Nike, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *