Metamorfosis Sepatu Basket Yang Digunakan Kobe Bryant 

Pada Selasa 19 Desember 2017, Los Angeles Lakers sudah mempensiunkan dua nomor jersey Kobe Bryant. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi tim NBA untuk para pemainnya karena dianggap sudah memberikan kontribusi yang sangat besar pada tim tersebut. Untuk memperingati momen penting ini, tidak ada salahnya kita melihat sejenak sisi lain dari karir Kobe Bryant.

Kobe Bryant masuk kedalam jajaran pemain NBA yang menjadi duta untuk dua merk terkenal. Pada tahun 1996 sejak dirinya masuk kedalam draft setelah lulus SMA, Kobe Bryant mendapat tawaran dari Adidas dan Nike. Saat itu dirinya lebih memilih Adidas karena lebih tinggi nilai kontraknya. Disebut sebut dalam jangka waktu 6 tahun saja, dirinya mampu mendatangani kontrak sebesar AS$48 juta. Memang di era itu ada berbagai merk sepatu yang berlomba lomba mencari duta dari para rookie.

Adidas Equipment (EQT) Elevation (1996 – 1997) merupakan sepatu pertama yang digunakan Kobe muda bersama Adidas. Dirinya mampu meraih kepopuleran setelah berhasil memenangkan NBA Slam Dunk Contest dengan status rookie. Setelah itu dirinya mulai dikenal public dengan Adidas EQT Elevation sebagai sepatu pertamanya.

Setelah Adidas Equipment (EQT) Elevation (1996 – 1997) masih ada beberapa sepatu Adidas lainnya yang digunakan Kobe Bryant seperti  Adidas KB 8 (1997 – 1998), Adidas KB8 II (1998 – 1999), Adidas KB8 III (1999 – 2000), Adidas KOBE One (2000 – 2001), dan Adidas KOBE Two (2001 – 2002).

Setelah tidak melanjutkan kerja sama dengan Adidas, Kobe pun bebas sesuka hatinya menggunakan sepatu dari merk apapun. Dirinya pun mencoba berbagai merk dan jenis sepatu, dan salah satunya sepatu kolaborasi. Dirinya pernah tercatat menggunakan sepatu hasil kolaborasi Allen Iverson bersama Reebok yaitu Reebok Question. Kobe juga pernah menggunakan Nike Air Force 1 Mid dan Nike Air Zoom Huarache 2K4 yang digunakan oleh Ron Artest. Berikut dibawah ini beberapa sepatu dari Nike yang digunakan Kobe Bryant diantaranya yaitu :

  1. Nike Air Zoom Huarache 2K4 (2005)

Page 2: Sepatu Basket Khas Kobe Bryant - MerahPutih

Ini merupakan seri Nike pertama yang digunakan Kobe Bryant, dirinya bersanding dengan Ron Artest yang setahun sebelumnya sudah menggunakan Air Zoom Huarache 2K4. Sepatu inilah yang membawa Kobe menjalani masa masa awal kerja samanya dengan Nike. Setelah itu desainer sepatu ini menjadi desainer Nike Zoom Kobe seri 1 hingga 11, terkecuali seri 2.

  1. Nike Zoom Kobe I (2005 – 2006)

Deretan Sepatu Nike Kobe Bryant

Ini merupakan awal masa keemasan Kobe Bryant dengan Nike. Saat kebanyakan pemain lebih memilih Air Sole Unit untuk digunakan di telapak kakinya, tetapi Kobe justru memantapkan dirinya menggunakan teknologi sol Zoom. Erik Avar adalah desainer untuk sepatu ini yang dibantu oleh Ken Link. Avar sendiri saat itu merupakan desainer senior bidang basket untuk Nike. Dirinya juga menjadi desainer untuk Nike Air Penny, Nike Air Foamposite One, dan Nike Zoom Flight 98.

  1. Nike Zoom Kobe II (2006 – 2007)

Review: Nike Zoom Kobe II - Kicksologists.com

Meski musim ini bukan musim yang fantastis bagi lakers tetapi Kobe masih tetap menunjukkan permainan gemilangnya. Dirinya berhasil mencetak beberapa rekor dengan menggunakan Zoom Kobe II. Dalam setiap pertandingan, dirinya rata rata mengumpulkan 31.6 oin, 5.7 rebound, dan 5.4 asis. Pada tahun ini juga dirinya mengganti nomor punggungnya dari 8 ke 24.

Selain itu masih ada sepatu dari Nike lainnya yang digunakan Kobe Bryant seperti Nike Zoom Kobe IV (2008 – 2009), Nike Zoom Kobe V (2009 – 2010), Nike Zoom Kobe VI (2010 – 2011), dan lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *