Nike Berarti “Dewi Kemenangan Dan Keberhasilan”

Siapa yang tidak kenal dengan Nike? Semua orang terutama penggemar olahraga pasti sangat familiar dengan brand olahraga ini. Nike merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang yang khusus memproduksi berbagai jenis perlengkapan olahraga. Brand dengan logo centang ini berbasis di Amerika Serikat.

Sepatu Nike Cortez, Mesin Waktu yang Modis untuk OOTD

Memang bagi sebuah perusahaan, logo merupakan sesuatu yang sangat penting. Karena logo ini merupakan suatu yang akan menggambarkan/memberikan penjelasan tentang sebuah perusahaan maupun produk. Sehingga penentuan logo ini membutuhkan pertimbangan tersendiri. Karena dengan adanya logo ini, menjadi suatu simbol agar masyarakat bisa mengingat produk yang mereka buat.

Seperti yang diketahui bahwa logo Nike ini sangat sederhana berupa tanda centang yang biasanya diikuti dengan semboyan “Just Do It” ini ternaya memiliki arti yang sangat mendalam. Lalu apa arti logo Nike ini?

Perlu diketahui bahwa kata Nike ini atinya “Dewi kemenangan dan keberhasilan” yang dipercayai oleh bangsa Yunani. Sehingga dengan menggunakan lambang tersebut diharapkan oleh perusahaan Nike ini akan selalu memberikan keberhasilan dan  kemangan bagi para konsumen yang menggunakannya. Dalam hal ini, Philip Knight, selaku pendiri Nike ini pun memesan sebuah logo untuk dijadikan simbol dari perusahaannya itu.

Lalu pada tahun 1971, logo Nike ini didesain oleh seorang ahli grafis yang bernama Carolyn Davidson. Philip Knight ini sangat dikenal sebagai orang yang sangat selektif, sehingga sempat beberapa kali terjadi perubahan bentuk logo untuk perusahaannya itu, yang akhirnya pada tahun 1995 Knight memutuskan pilihannya kepada logi Nike Swoosh.

Dengan menggunakan logo centang dan slogan “Just Do It” yang artinya lakukanlah yang bisa memberikan dampak luar biasa. Selain itu, ia juga berharap perusahaan yang dipimpinnya itu walaupun dirintis sederhana dan bisa menjadi perusahaan yang besar. Namun, tidak lupa akan kesederhanaan itu sendiri.

Kini impian Knight menjadi kenyataan, Nike sekarang sudah menjadi sebuah perusahaan khusus perlengkapan olahraga yang sangat terkenal di dunia. Bahkan, baru-baru ini Nike mengantongi pertumbuhan laba sebesar 10% atau senilai dengan USD 13,3 miliar.

Yang membuat logo Nike ini unik adalah meski tidak ada tulisannya, hanya dengan melihat logonya saja orang sudah mengenal dan mengingat produk buatan Nike.

Sesuai dengan arti Nike yakni membawa kemenangan dan keberhasilan,  pihak manajemen Nike coba mengembangkan perusahaannya itu dengan berbagai strategi bisnis yang jitu. Salah satu strategi bisnis tersebut adalah dengan cara pemasaran secara berskala besar.

Pemasaran Berskala Besar

Salah satu strategi yang dilakukan oleh Nike untuk menguasai pasaran adalah dengan berinvestasi besar-besaran ke pemasaran. Dimana, pemasaran ini dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari iklan dan sponsorship. Dalam pemasaran ini, Nike tidak tanggung-tanggung untuk menggelontorkan dananya, sepanjang tahun 2014 saja Nike sudah mengeluarkan dana sekitar US$ 3 miliar atau sekitar Rp 42 triliunan. Artinya setiap detiknya Nike mengeluarkan uang US$ 100 untuk iklan saja. Cara sama dilakukan pada tahun 2016, namun angkanya sedikit lebih besar yakni sekitar US$ 3,3 miliar atau Rp 46 triliunan. Dana sebesar itu lebih banyak digunakan untuk membayar para atlet dan selebriti sebagai bintang iklannya. Diantaranya petenis Riger Federer, Cristiano Ronaldo, Ronaldihno, Michael Jordan, hingga Tiger Woods. Nike memulai cara pemasaran produknya lewat iklan di televisi sejak tahun 1982. Bahkan iklan pertamanya itu mendapatkan sebuah penghargaan dari Emmy Awards dalam kategori ‘Iklan Terbaik’ di tahun 1994.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *