Nike Lebih Unggul Dalam Pendapatan, Soal Kolaborasi Adidas Belum Ada Lawan 

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini sneakers tidak hanya sekedar kebutuhan saja tetapi juga sudah menjadi sebuah lifestyle bahkan hobi. Pasalnya pada tahun 2018 lalu, pasar sneakers secara global dikabarkan sudah mencapai angka 58 miliar dolar AS. Tetapi tidak hanya disitu saja, karena angka tersebut masih diprediksi akan terus meningkat hingga angka 88 miliar dolar pada tahun 2024.

Nike. Just Do It. Nike.com

Sehingga tidak heran jika saat ini sneakers dianggap sebagai bisnis yang sangat menjanjikan, jika dilihat dari pencapaian angka angka tersebut. Karena melihat adanya potensi tersebut, sehingga menyebabkan beragam brand pun terus berusaha melakukan berbagai macam strategi untuk merebut porsi terbesar.

Memang dalam beberapa tahun terakhir ini tidak sedikit pemain baru yang berdatangan untuk turut serta meramaikan pasar sneakers saat ini. Meski begitu, ternyata pasar sneakers saat ini masih didominasi oleh beberapa pemain kelas berat. Sebagai contohnya saja ada Nike dan Adidas yang memang sudah sejak lama menjadi juara dalam pasar sneakers.

Seperti yang dilansir dari Kompas, Phil Knight didalam buku Shoe Dog pernah menjelaskan tentang persaingan kedua brand tersebut hingga mereka berdua bisa berhasil meraih posisi puncak seperti saat ini. Lalu akhirnya akan seperti apa? Kira kira siapa yang lebih unggul, Nike atau Adidas?

Berikut dibawah ini beberapa fakta persaingan Nike dan Adidas yang perlu diketahui diantaranya yaitu :

  1. Pendapatan Nike Lebih Unggul

Jika dilihat dari pendapatan kedua brand sepatu tersebut bisa dibilang jika Nike lebih unggul. Karena memang brand Nike ini secara keseluruhan lebih besar dan memang sudah memimpin pasar dalam industri sepatu olahraga global. Pendapatan dari penjualan sneakers Nike ini sendiri pada tahun 2018 lalu sudah mencapai angka lebih dari 24,2 miliar dolar AS. Sedangkan pendapatan Adidas dalam periode yang sama hanya mencapai angka 15 miliar dolar AS saja. Tetapi yang perlu diketahui adalah jika angka penjualan tersebut tidak hanya mencakup sneakers yang berlabel Nike dan Adidas saja. Karena termasuk juga dengan Converse yang dimiliki Nike, serta Reebok yang dimiliki Adidas.

Untuk bisa menang di pasar industri sepertinya mustahil tanpa adanya kapitalisasi. Kapitalisasi Nike sendiri pada Juli 2019 sudah mencapai angka hingga 140 miliar dolar AS, jumlah tersebut adalah dua kali lipat jika dibandingkan dengan pencapaian Adidas yang hanya sebesar 65 miliar dolar AS saja. Dari pencapaian angka tersebut, bisa dilihat kan bagaimana skala bisnis dari keduanya, dan siapa yang lebih superior?

  1. Soal Kolaborasi Adidas Lebih Unggul

Soal kolaborasi bisa dibilang Adidas lebih unggul. Karena brand tersebut memiliki pendekatan pemasaran yang lebih focus kepada sepatu streetwear yang sering berkolaborasi dengan musisi dan influencer. Sebagai contohnya saja seperti Kanye West dan Beyonce. Sedangkan Nike lebih memiliki pendekatan kepada olahraga. Sehingga jika dilihat dari focus keduanya, sudah jelas Adidas yang lebih unggul.

Lain Adidas, lain juga dengan Nike. Memang brand sepatu Nike ini dikenal memiliki genre yang berbeda dengan Adidas. Nike yang mengusung sang legenda basket NBA Michael Jordan ini sudah meluncurkan lini Air Jordan buatannya. Siluetnya yang pertama diluncurkan pada tahun 1985 dan hingga saat ini masih tetap populer.

Memang persaingan ini belum ada ujungnya, tetapi Nike dan Adidas masih terus bertempur dengan melakukan berbagai strategi untuk bisa menguasai pasar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *