Pendiri Nike dan Faktanya

Sebagai salah satu perusahaan sepatu, pakaian, dan alat-alat olahraga ternama di dunia. Nike memiliki sejumlah fakta yang mungkin tidak banyak diketahui orang. Perusahaan yang didirikan oleh Philip Knight dan Bill Bowerman ini telah berhasil meraih kesuksesan berkat mensponsori beberapa atlet dunia seperti Chistiano Ronaldo, Courtois, Ronaldinho, Hazard, Wayne Rooney, dan masih banyak lagi.

Nah, untuk Anda yang penasaran dengan fakta dibalik kesuksesan nama Nike. Berikut 10 fakta menarik Nike yang mungkin tidak banyak diketahui sampai saat ini:

1.     Dulunya bernama “Blue Ribbon Sports

Sebelum dikenal dengan nama Nike, dulunya perusahaan ini mengawali usahanya dengan nama “Blue Ribbon Sport”. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 25 Januari 1972 di Oregon oleh Philip Knight dan Billy Bowerman. Philip Knight adalah seorang atlet lari, sedangkan Billy Bowerman adalah pelatinya.

Pada awal mulanya, perusahaan ini menjadi salah satu distributor sepatu Jepang, yakni Onitsuka Tiger. Setelah itu, pada tahun 1971 perusahaan ini memutuskan untuk membuat produk sendiri dengan Nike yang tercetus dari Jeff Johnson.

2.     Nama “Nike” diambil dari Bahasa Yunani

Siapa sangka jika nama Nike yang kita kenal selama ini diambil dari Bahasa Yunani yang berarti “kemenangan”. Dalam sejarah bangsa Yunani, dulunya ada seorang dewi Nike yang merupakan dewi kemenangan dan keberhasilan. Kemudian Bill dan Philip pun menggunakan nama tersebut dengan harapan bisa memberikan kemenangan pada setiap pengguna produknya.

3.     Siapa sangka jika slogan “Just Do It” merupakan inspirasi dari kisah pembunuhan berantai

Nike memang memiliki slogan khusus yakni “Just Do It”. Namun, siapa sangka jika slogan ini diambil dari kisah pembunuhan berantai yang melibatkan Gary Gilmore. Dalam kisahnya, sebelum dieksekusi mati Gery Gilmore mengucapkan kata-kata Just Do It yang berarti lakukan saja.

4.     Logo Swoosh ternyata buatan mahasiswa

Logo Swoosh yang selama ini menjadi identitas dari brand Nike ternyata buatan mahasiswa, lho. Logo ini merupakan buatan mahasiswa desain grafis bernama Carolyn Davidson. Carolyn mendapatkan logo tersebut yang terinspirasi dari sayap demi kemenangan Yunani. Saat itu pihak Nike membayar Carolyn sebesar Rp 487.000 karena telah membuatkan logo Nike yang memiliki makna mendalam.

5.     Sepatu pertama buatan Nike terinspirasi dari cetakan kue wafel

Produk pertama yang diproduksi Nike ternyata terinspirasi dari sebuah cetakan kue wafel milik istri Bill Bowerman. Saat itu, ia membayangkan jika sebuah sepatu memiliki sol bawah dengan bentuk seperti wafel pasti para atlet akan lebih mudah menapakan kakinya saat berlari.

Sebagai uji coba, sepatu ini langsung dikenakan Philip Knight pada malam sebelum pertandingan dan langsung mendapatkan respon positif dari rekan  satu timnyam yaitu Otis Davis. Kemudian Otis Davis mengenakan sepatu tersebut dalam ajang Olimpiade lari 400 meter dan ia berhasil memenangkan pertandingan dengan membawa pulang sebuah mendali emas.

6.     Sepatu Nike juga banyak diproduksi di Indonesia

Tidak semua sepatu Nike diproduksi langsung dari Amerika Serikat. Ternyata, sepatu-sepatu Nike juga banyak diproduksi di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Selain Indonesia, sepatu Nike juga diproduksi di negara-negara lain seperti Vietnam dan China.

7.     Apakah Anda tahu jika toko Nike terbesar di dunia ada di negara Inggris?

Sebagai brand ternama di dunia, Nike memiliki persebaran toko di banyak negara. Namun, toko Nike terbesar di dunia ada di negara Inggris, lho. Tepatnya toko ini berada di Oxford Street, London yang memiliki luas toko sampai 4000 meter persegi, waw!

Itulah beberapa fakta menarik tentang Nike yang bisa Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *