Rekomendasi Frame Sepeda Fixie dan Tips Pilih Spare Partnya

Sepeda sport banyak macamnya terutama sepeda balap yang khusus daerah berlumpur dan jalanan ekstrem atau jalanan aspal yang mengedepankan kecepatan. Jenis kedua sepeda yang sudah disebutkan tadi pun banyak peminatnya sehingga jenis sepeda fixie banyak dicari.

Sepeda yang umumnya berdesain ringan ini bisa dirakit sendiri mulai dari frame, roda, rem, sadel dan spare part lainnya. Hal paling penting dari spare part itu salah satunya ialah frame yang memilihnya pun tak boleh sebarangan. Berikut ini rekomendasi frame sepeda fixie yang bagus dan tips bagaimana memilih spare part lain agar bisa merakit sepeda fixie dengan tepat.

Rekomendasi Frame Sepeda Fixie yang Bagus dan Berkualitas

Banyak sekali produk frame sepeda yang tersedia di pasaran dengan ukuran, warna, bahan dan kualitas yang berbeda-beda. Namun ada satu rekomendasi frame sepeda fixie yang bagus yaitu merk Tsunami SNM 4130. Frame berbahan chrome alloy ini tergolong ringan sehingga nyaman untuk diajak berlari kencang.

Namun jangan khawatir karena frame ini sangat kokoh dan tangguh, tak akan terbang terkena angin saat melaju dengan kecepatan tinggi. Tersedia dalam ukuran M (52) atau cocok untuk kamu yang memiliki tinggi 165-178 cm. Dengan berat 1700 gram, satu set frame ini termasuk fork sepeda. Desainnya sangat elegan dengan paduan warna yang pas yaitu black dan blue, cocok untuk anak muda yang ingin terlihat cool. Dijual di toko online dengan harga sekitar Rp 2,9 jutaan saja.

Tips Memilih Komponen Sepeda Fixie Berkualitas

Kamu bisa mendesain sepeda fixie sendiri sehingga sesuai dengan desain dan kenyamanan yang dikehendaki. Dengan begitu, memilah dan memilih spare part sepeda yang benar pun wajib kamu ketahui. Berikut tips pentingnya:

  • Frame

Memilih frame harus disesuaikan dengan tinggi badan masing-masing. Umumnya disediakan ukuran berupa angka misal 49, 51, 53 dan seterusnya. Namun ada pula yang menyediakan ukuran S, M atau L. Cek terlebih dahulu ukuran apa yang pas untuk tinggi badanmu.

  • Handle Bar atau Stang

Stang saja banyak macamnya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan, sepeda fixiemu untuk balap atau sekadar bersepeda ringan dan pergi ke kantor? Jika untuk balap sepeda sebaiknya pilih stang model flat sehingga tubuh akan membungkuk dan cocok untuk balapan. Namun jika hanya untuk sepeda santai pilihlah model rise handlebar yang membuat pengendaranya sedikit lebih tegak.

  • Crank atau Gigi Depan

Crank tersedia dalam berbagai ukuran runcingan, misalnya 40, 48, 56 dan seterusnya. Semakin besar runcingannya maka semakin besar pula ukurannya. Crank yang berada di tangkai pedal ini akan mempengaruhi kenyamanan mengayuh sehingga pilihlah sesuai sepeda fixie kamu.

  • Ban

Untuk sepeda fixie, ban ini tersedia tak hanya ukurannya saja bahkan dengan warna-warnanya pula yang umumnya cerah. Banyak orang yang memilih tipe ban 700 karena lebih banyak varian warnanya, namun kamu pun bisa pilih roda 27 yang tak kalah kuat dan nyaman.

  • Rims atau Velg

Velg sepeda fixie memiliki ukuran yang beragam pula, umumnya lebar dan tebal. Semakin tebal dan lebar rims tersebut maka semakin mahal pula harganya. Selain itu jika menggunakan rims yang lebar, kamu pun harus menyiapkan pentil yang panjang.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang rekomendasi frame sepeda fixie yang bagus beserta tips memilih komponen-komponennya. Merakit sendiri sepeda fixie akan lebih seru karena kamu bisa menyesuaikan bobot, kecepatan, keresponsifan rem dan lain-lain sesuai dengan medan yang akan kamu lalui. Apalagi jika ingin mengikuti lomba sepeda balap, maka merakit sesuai sirkuit yang akan dilewati akan membuat aktivitas balap kamu semakin berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *