Tahukah Anda 5 Fakta Menarik Tentang Nike, Brand Legendaris Asal Amerika?

Ada 5 fakta menarik tentang Nike sebagai brand sport ternama dari Amerika yang telah berusia lebih dari setengah abad. Hingga saat ini, Nike telah mengeluarkan banyak sekali produk dengan teknologi canggih serta berkolaborasi bersama brand dan orang-orang terkenal yang berpengaruh di dunia. Dikutip dari Complex, berikut 5 fakta menarik tentang Nike yang telah dirangkum untuk Anda.

Nike. Just Do It. Nike ID

Inilah 5 Fakta Menarik Tentang Nike

Sebagai brand yang sangat populer dan mendunia, berikut beberapa fakta menarik yang berhubungan dengan Nike.

  1. Mulanya Nike Memiliki Nama “Blue Ribbon Sports”

Brand ternama penghasil produk-produk olahraga dengan slogan “Just Do It” ini ketika masa awal dibentuk memiliki nama “Blue Ribbon Sports”. Pada saat itu, dioperasikan sebagai distributor sepatu buatan Onitsuka Tiger, brand asal Jepang. Kemudian pada tahun 1971, Blue Ribbon Sports berganti nama menjadi “Nike”, brand yang kita kenal hingga sekarang. Nama ini ternyata berasal dari salah satu nama demi dalam mitologi Yunani yang artinya kemenangan.

2. Orang di Balik Desain Logo Nike Adalah Seorang Mahasiswa dengan Bayaran Rp470 ribu

Siapa yang tidak familiar dengan logo ikonik “Swoosh” yang ada di tiap produk Nike? Ternyata logo ini dulunya didesain oleh seorang mahasiswa perempuan yang bernama Carolyn Davidson. Logo buatannya pada saat itu dibeli dengan harga 35 dolar AS atau kurang lebih Rp470 ribu.

Carolyn Davidson yang saat itu tengah menempuh studi seni grafis di Portland State University ini tengah mencari pekerjaan sampingan dan kebetulan ia berkenalan dengan salah satu founder Nike, Phil Knight dan iseng mengobrol dengannya.

Saat itu Phil mengetahui jika Carolyn tengah membutuhkan pekerjaan, kemudian ia menawarkan Carolyn untuk membuat beberapa gambar untuk bisnis yang Phil jalankan. Tak hanya itu, Phil juga menawarkan gaji sebesar 2 dolar AS per jam untuk sekali kerja.

3. Karyawan Pertama Nike adalah Jeff Johnson

Jika Anda penasaran siapa karyawan pertama di perusahaan Nike, jawabannya adalah Jeff Johnson. Meski pendiri brand tersebut adalah Phil Knight dan Bill Bowerman, tapi orang pertama yang direkrut sebagai karyawan adalah Johnson. Johnson juga merupakan orang yang mengajukan nama “Nike”.

4. Michael Jordan Tidak Mau Memakai Air Jordan 1

Dulu, bintang Chicago Bull, Michael Jordan tidak mau mengenakan Air Jordan 1 ketika melihat desain pertama jenis sepatu tersebut. Alasannya karena sneaker tersebut dianggap memiliki warna ‘iblis’. Maksud dari warna iblis adalah dominasi warna hitam dan merah yang khas dengan warna pesaing Chicago Bull.

5. Slogan “Just Do It” Ternyata Terinspirasi dari Kisah Gary Gilmore Sang Pembunuh Berantai

Nike pernah menjalin kerja sama dengan perusahaan periklanan Wieden & Kennedy yang berasal dari Portland, Amerika Serikat pada tahun 1980. Tujuan dari kerja sama tersebut adalah untuk membuat promosi baru untuk memperluas daya tarik produk Nike.

Ketika Wieden mendapatkan proyek tersebut, ia mencoba mencari slogan yang pas untuk Nike. Kemudian ia terinspirasi dari kisah salah satu pembunuh berantai yang terkenal di Amerika Serikat, yakni Gary Gilmore.

Ketika Gilmore dieksekusi pada tahun 1977, kata-kata terakhir yang ia ucapkan adalah “Just Do It”, dan kata-kata inilah yang membuat Gilmore terkenal dan menginspirasi Wieden untuk membuat kata-kata tersebut sebagai tagline Nike.

Nah, itu tadi 5 fakta menarik tentang Nike. Fakta mana yang membuat Anda tercengang? Tulis komentar Anda di bawah ya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *