Tips Mencuci Sepatu New Balance yang Benar

Siapa yang nyaman jika sepatu yang digunakannya dalam keadaan kotor? Tentu tidak ada. Maka dari itu, apapun barang yang kamu miliki harus tetap dijaga kebersihannya. Meskipun jarang sekali kamu gunakan, rutin membersihkannya merupakan hal baik dan dapat membuat sepatu yang kamu miliki lebih awet dan tahan lama, serta lebih bersih dan lebih nyaman digunakan tentunya. Lalu, bagaimana cara membersihkan sepatu? Tentu saja, kamu perlu mengetahui sepatu jenis apa yang akan kamu bersihkan. Jika sepatu itu adalah sepatu kulit, kamu hanya perlu untuk mengelapnya dengan kain sedikit basah. Jika sepatu tersebut merupakan jenis sepatu sneakers atau sepatu karet, kamu bisa mencucinya langsung dengan air. Nah, bagi kamu yang ingin tahu cara mencuci sepatu New Balance, maka kamu perlu menyimak tips mencuci sepatu New Balance yang benar berikut.

  • Mencuci Sepatu New Balance dengan Benar

Ketika mendengar merek sepatu New Balance, sepatu seperti apa yang kamu bayangkan? Pastinya sudah tidak salah lagi bahwa yang di pikiran kamu adalah sejenis sepatu olahraga khususnya olahraga lari.

Seringkali saat jogging di sekitar rumah, sepatu yang kamu gunakan menginjak tanah basah, genangan air di pinggir jalan, atau basahnya rerumputan yang ada di lapangan. Terlebih lagi jika yang kamu lakukan adalah lari dalam jarak tempuh jauh seperti lintas alam yang mana medan yang kamu lalui bukanlah jalan raya yang beraspal lagi. Kamu akan melewati tanah, lumpur hingga bebatuan. Tidak heran jika sepatu akan kotor dan perlu dibersihkan.

Beberapa tips mencuci sepatu New Balance yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah:

  1. Langkah pertama, segera membersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran seperti tanah sebelum mengering. Karena jika sudah mengering akan semakin sulit untuk dibersihkan.
  2. Jangan lupa untuk memisahkan sepatu dengan insole-nya, karena akan dicuci secara terpisah.
  3. Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas atau sikat kecil yang biasa digunakan untuk menyikat sepatu.
  4. Sebelum dituangkan pada sepatu langsung, larutkan sabun dengan air hangat. Karena dengan menggunakan air hangat, noda atau kotoran yang menempel pada sepatu akan lebih mudah luntur dan semakin mudah untuk dibersihkan.
  5. Cukup gosok sepatu secara perlahan, karena jika kamu menggosoknya dengan kuat akan merusak sepatu. Dengan bantuan sabun dan air hangat tadi gosokan perlahan pun akan membersihkan sepatu dengan sempurna.
  6. Setelah menggosok semua bagian, bilas sepatu pada air yang mengalir hingga busa dari sabun tadi benar-benar hilang.
  7. Tips mencuci sepatu New Balance yang benar yang terakhir adalah mengeringkan sepatu secara alami. Untuk sepatu yang terbuat dari bahan sintetik, kamu bisa menjemurnya dibawah sinar matahari langsung, tetapi tidak boleh berlama-lama. Sedangkan untuk sepatu yang berbahan suede, tidak boleh dijemur di bawah terik matahari langsung karena dapat mengubah bentuk sepatu tersebut.

Setelah sepatu kering, kamu bisa menggunakan spray khusus untuk perawatan yang lebih istimewa. Spray yang digunakan adalah spray anti bakteri untuk sepatu dan bisa kamu semprotkan pada bagian luar dan dalam sepatu.

  • Hindari Melakukan Hal Ini pada Sepatu New Balance-mu

Sepatu yang tahan lama tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas barangnya saja, tetapi juga dengan perawatan yang dilakukan oleh pemiliknya. Di atas telah dijelaskan bagaimana cara mencuci sepatu New Balance dengan benar, maka di sini akan dijelaskan apa saja yang perlu dihindari dalam perawatan sepatu.

  1. Jangan pernah mencuci sepatu menggunakan mesin cuci. Hal ini dikarenakan di dalam sepatu terdapat bahan yang tidak boleh terkena panas dan direndam dalam air dalam waktu yang lama.
  2. Jangan biasakan menyimpan kaos kaki yang sudah dipakai di dalam sepatu, apalagi dalam keadaan basah atau berkeringat. Sepatu akan menjadi lembap dan menumbuhkan bakteri-bakteri dengan sangat cepat yang akan menimbulkan bau tidak sedap dari dalam sepatu.

Kamu bisa menerapkan beberapa saran yang telah disampaikan di atas. Untuk tips mencuci sepatu New Balance yang benar perlu kamu perhatikan betul, karena dengan mencuci dengan benar akan menjaga sepatu kesayangan kamu bisa lebih lama kamu gunakan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *