Wajib Tahu!! Inilah Sejarah Berdirinya Nike

Sejarah berdirinya Nike menjadi pengetahuan penting yang harus diketahui terutama oleh para penggemar produk yang diluncurkan perusahaan ini mulai dari pakaian, alat-alat olahraga hingga sepatu. Nike jika dilihat dari bahasa Yunani ialah dewi Yunani yang memiliki arti kemenangan yang didirikan oleh Phillip Knight pada 1964 silam.

Nike Tak Lagi Jual Langsung di Amazon | Daily News Indonesia

Usaha Phillip Knight Membangun Nike, Awal Sejarah Berdirinya Nike

Phillip Knight di tahun 1964 melakukan impor sepatu olahraga lari dari Jepang agar bisa bersaing dengan merek produk Jerman. Hal ini dikarenakan saat itu biaya produksi di Jepang lebih murah. Sepatu tersebut mulai dijual secara berkeliling kemudian penjualan meningkat meskipun secara perlahan. Sekitar tahun 1970, perusahaan Nike sudah mengalami perkembangan bahkan sudah menjual produk untuk pelari yang bukan profesional.

Pasar kemudian dibuka lebih luas, bahkan image sepatu lari kemudian dikenal menjadi sepatu fashion yang mampu menarik perhatian banyak kalangan. Perkembangan berlangsung sangat cepat bahkan Nike sudah mampu menguasai hingga setengah pasar Amerika Serikat di tahun 1979. Seorang atlet profesional dari cabang olahraga tenis bahkan setuju bekerja sama dengan perusahaan sepatu Nike.

Ketika awal perkembangan, atlet profesional dimanfaatkan sebagai duta produk Nike agar mendapatkan kepercayaan masyarakat luas. Hal ini tentunya tidak hanya menguntungkan sebelah pihak saja, sebab atlet itu sendiri mendapat promosi dirinya melalui kerja sama dengan perusahaan Nike.

Tidak Hanya Menjual Sepatu

Popularitas terus mengalami peningkatan hal ini bisa dilihat pada tahun 1979, produk yang ditawarkan Nike bukan hanya sepatu saja, namun juga pakaian serta peralatan olahraga. Semua bisnis tentunya ada pesaing, begitu juga Nike yang saat ini dijegal oleh Reebok. Pretasi Nike lebih rendah dari Reebok sehingga Nike mengandalkan strategi lain yaitu menghasilkan sepatu khusus untuk setiap aktivitas cabang olahraga.

Agar mampu bersaing, Nike menarik brand ambassador bernama Michael Jordan. Kerja sama ini membuat Nike lebih unggul dari Reebok. Atlet populer yang lain juga digaet oleh perusahaan ini seperti Magic Johnson dan Larry Bird.

Menjadi Perusahaan Go Public, Sejarah Berdirinya Nike

Menariknya, Nike sudah mendapatkan trend positif dari masyarakat bahkan sebesar 50 persen dari pangsa pasar Amerika Serikat sudah mampu dicapai. Salah satu penyebab di tahun 1980, Nike menjadi perusahaan Go Public.

Faktor lainnya karena gaya iklan Nike lebih menggunakan gaya wird of foot. Tahun 1982, Nike sudah muncul di layar ikan televisi, juga iklan media cetak. Kemenangan ini juga tak terlepas dari kreator hebat bernama Kennedy dan Weiden.

Memulai Penjualan Online

Weiden yaitu seorang aktor dibalik Slogan “Just Do It”  yang mampu membuat slogan Nike menjadi iklan pilihan di abad ke 20. Selanjutnya ketika sudah masuk era modernisasi dan teknologi, Nike awal tahun 2000-an mulai memasarkan  produk secara online. Tentunya berbagai produk ditawarkan melalui website resmi perusahaan Nike. Terus berlanjut, hingga banyak sekali tim sepak bola yang berhasil di gandeng Nike.

Penjualan fantastis yang diraih di Amerika  Serikat sebenarnya kurang berhasil, sehingga Nike melebarkan sayapnya ke Asia. Tentunya Jepang menjadi negara Asia yang pertama memasarkan produk Nike. Segera berlanjut ke Taiwan dan Korea Utara, akhirnya ke China dan kawasan Asia Tenggara.

Operasinya di Indonesia dimulai tahun 1988 bahkan dari banyaknya sepatu yang ada di Indonesia, hampir sepertiga dari sepatu tersebut adalah produk perusahaan Nike. Menarik, bukan?  Meskipun banyak kendala, perusahaan ini tetap semangat mengembangkan dan mengenalkan produknya ke masyarakat. Itulah sejarah berdirinya Nike, semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *